Kamis, 02 April 2020

ROBOTIKA

Seiring dengan perkembangan zaman, hampir semua kegiatan manusia saat ini dipermudah dengan adanya bantuan dari robot-robot sederhana yang mengisi kehidupan sehari-hari. Telepon genggam, komputer, dan televisi hanyalah tiga contoh di antara robot-robot yang ikut ambil andil dalam kemajuan teknologi
Robot pada dasarnya merupakan sebuah mesin yang diciptakan untuk mempermudah kerja manusia. Seperti halnya otot pada manusia, robot juga memerlukan bagian penggerak efektornya [lengan-lengannya] yang berupa motor servo. Motor servo merupakan sebuah motor yang didesain khusus agar dapat membentuk sudut-sudut tertentu sesuai sinyal yang diinputkan kepadanya.
Perkembangan teknologi informasi serta otomasi industri sangat pesat. Komputer sebagai bagian yang tak terpisahkan dengan industri itu sendiri, mau tidak mau dan tidak bisa dihindari akan berintegrasi dengan disiplin ilmu ilmu lain seperti mekanika, elektronika, pemrograman dan lain lain. Munculnya mekatronika (ilmu mekanik dan elektronika), dalam berbagai wujud (misal alat alat industri termasuk robot), kemudian ditambah “kecerdasan buatan” sebagai otaknya, maka muncullah wujud robot yang cerdas.
Pemikiran tentang pembuatan mesin yang dapat bekerja sendiri telah ada sejak Era Klasik, namun riset mengenai penggunaannya tidak berkembang secara berarti sampai abad ke-20 . Kini, banyak robot melakukan pekerjaan yang berbahaya bagi manusia seperti menjinakkan bom, menjelajahi kapal karam, dan pertambangan.
Robotika adalah satu cabang teknologi yang berhubungan dengan desain, konstruksi, operasi, disposisi struktural, pembuatan, dan aplikasi dari robot.
Robotika adalah perpaduan berbagai disiplin ilmu, khususnya mekanik, elektronik dan komputer. Perpaduan mekanik dan elektronik, bisa tercipta robot robot sederhana yang memiliki banyak manfaat, baik manfaat hiburan atau yang lebih serius untuk membantu berbagai bidang misal bidang industri. Sedangkan mekatronika (mekanik dan elektronika) ditambah unsur komputer (khususnya pemrograman) sebagai otak buatan, terciptalah robot yang cerdas, dengan berbagai bentuk dan manfaatnya.
Robotika adalah multidisiplin dengan komputer, elektronika dan mekanika sebagai ilmu dasarnya. Namun begitu tidak terbatas bagi pengajar untuk melibatkan ilmu-ilmu lain seperti biologi dan anatomi. Dengan robotics walker kit (kit robot berkaki/ berjalan),  para guru/dosen dapat melibatkan siswanya untuk mengamati gerakan kaki serangga dan mensimulasikannya sebelum diprogram ke robot walking kit (2 kaki, 4 kaki atau 6 kaki).

Tahap-tahap pembuatan robot

Secara garis besar, tahapan pembuatan robot ada tiga tahapan pembuatan, yaitu:
  1. Perencanaan, meliputi: pemilihan hardware (motor, sensor. mikrokontroler) dan design.
  2. Pembuatan, meliputi pembuatan mekanik, elektonik, dan program.
  3. Uji coba.

1. Tahap perencanan

Dalam tahap ini, kita merencanakan apa yang akan kita buat, sederhananya, kita mau membuat robot yang seperti apa? berguna untuk apa? Hal yang perlu ditentukan dalam tahap ini:
  • Dimensi, yaitu panjang, lebar, tinggi, dan perkiraan berat dari robot. Tinggi robot umumnya antara 25 cm sampai 1 meter.
  • Struktur material, apakah dari alumunium, besi, kayu, plastik, dan sebagainya.
  • Cara kerja robot, berisi bagian-bagian robot dan fungsi dari bagian-bagian itu. Misalnya lengan, konveyor, lift, power supply.
  • Sensor-sensorapa yang akan dipakai robot.
  • Mekanisme, bagaimana sistem mekanik agar robot dapat menyelesaikan tugas.
  • Metode pengontrolan, yaitu bagaimana robot dapat dikontrol dan digerakkan, mikroprosesor yanga digunakan, dan blok diagram sistem.
  • Strategiuntuk memenangkan pertandingan, jika memang robot itu akan diikutkan lomba/kontes robot Indonesia/Internasional.

2. Tahap pembuatan

Ada tiga perkerjaan yang harus dilakukan dalam tahap ini, yaitu pembuatan mekanik, elektronik, dan programming. Masing-masing membutuhkan orang dengan spesialisasi yang berbeda-beda, yaitu:
  • Spesialis Mekanik, bidang ilmu yang cocok adalah teknik mesin dan teknik industri.
  • Spesialis Elektronika, bidang ilmu yang cocok adalah teknik elektro.
  • Spesialis Programming, bidang ilmu yang cocok adalah teknik informatika.
Jadi dalam sebuah tim robot, harus ada personil-personil yang memiliki kemampuan tertentu yang saling mengisi. Hal ini diperlukan dalam membentuk Tim Kontes Robot Indonesia (KRI) atau Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI).
Untuk mengikuti lomba KRI/KRCI dibutuhkan sebuah tim yang solid. Tetapi buat Anda yang tertarik membuat robot karena hobby atau ingin belajar, semua bisa dilakukan sendiri, karena Anda tidak terikat dengan waktu atau deadline. Jadi Anda bisa melakukannya dengan lebih santai.
Pembuatan mekanik
Setelah gambaran garis besar bentuk robot dirancang, maka rangka dapat mulai dibuat. Umumnya rangka robot terbuat dari alumunium kotak atau alumunium siku. Satu ruas rangka terhubung satu sama lain dengan keling alumunium. Keling adalah semacam paku alumunium yang berguna untuk menempelkan lembaran logam dengan erat. Rangka robot bisa juga terbuat dari plastik atau besi panjang seperti jeruji.
Pembuatan sistem elektronika
Bagian sistem elektronika dirancang sesuai dengan fungsi yang diinginkan. Misalnya untuk menggerakkan motor DC diperlukan h-brigde, sedangkan untuk menggerakkan relay diperlukan saklar transistor. Sensor-sensor yang akan digunakan terlebih dahulu harus dipelajari dan dipahami cara kerjanya, misalnya:
  1. Sensor jarak, bisa menggunakan SRF04, GP2D12, atau merakit sendiri modul sensor ultrasonik atau inframerah.
  2. Sensor arah, bisa menggunakan sensor kompas CMPS03 atau Dinsmore.
  3. Sensor suhu, bisa menggunakan LM35 atau sensor yang lain.
  4. Sensor nyala api/panas, bisa menggunakan UVTron atau Thermopile.
  5. Sensor line follower / line detector, bisa menggunakan led & photo transistor.
Pembuatan sistem elektronika ini meliputi tiga tahap:
  • Design PCB, misalnya dengan program Altium DXP.
  • Pencetakan PCB, bisa dengan Proboard.
  • Perakitan dan pengujian rangkaian elektronika.
Pembuatan Software/Program
Pembuatan software dilakukan setelah alat siap untuk diuji. Software ini ditanamkan (didownload) pada mikrokontroler sehingga robot dapat berfungsi sesuai dengan yang diharapkan. Tahap pembuatan program ini meliputi:
  1. Perancangan Algoritma atau alur program
    Untuk fungsi yang sederhana, algoritma dapat dibuat langsung pada saat menulis program. Untuk fungsi yang kompleks, algoritma dibuat dengan menggunakan flow chart.
  2. Penulisan Program
    Penulisan program dalam Bahasa C, Assembly, Basic, atau Bahasa yang paling dikuasai.
  3. Compile dan download, yaitu mentransfer program yang kita tulis kepada robot.

3. Uji coba

Setelah kita mendownload program ke mikrokontroler (otak robot) berarti kita siap melakukan tahapan terakhir dalam membuat robot, yaitu uji coba. Ujicoba dilakukan pada arena minimal seluas sekitar 4×4 meter.

25 komentar:

Okta dwi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anan Febriyansyah mengatakan...

Assalamualaikum terimakasih telah membuat artikel ini ,ini sangat bermanfaat bagi saya semoga bermanfaat bagi kita semuanya.saya dapat mengetahui tahap-tahap pembuatan robot.

Unknown mengatakan...

Gilang adi purnomo XI TEI

Dalam hal ini bagian terpenting dalam membuat robot adalah sensor seperti sensor jarak sensor panas sensor suhu dan lain lain kemudian program karna tanpa progam semua itu tidak akan berjalan

IRFAN SYIFAUL MUSTAQIM mengatakan...

Menurut saya dalam masa modern ini robot sangatlh penting untuk membantu sebuah pekerjaaan manusia yang pada dasar ny tidak dapat dikerjakan dengan tenaga manusia itu sendiri
Seperti halnya dalam segi waktu akurasi dan tenaga. Tanpa bantuan robot kita tidak dapat menjangkau pekerjaan tersebut. Maka dari itu robot sangat lh penting dalam kehidupan manusia pada era modern ini. Tetepi ada juga kekurangan atau dampak dari terciptanya robot ini yaitu dapat meningkatkan angka pengangguran akibat adanya robot ini itulh penilaian saya tentang suatu perkembangan robot di dunia

Okta dwi mengatakan...

Assalamualaikum baiklah disini saya Mia Tri anggrayani menurut saya robotika adalah satu cabang teknologi yang berhubungan dengan desain, konstruksi, operasi, disposisi struktural, pembuatan, dan aplikasi dari robot sehingga dapat mempermudah kerja manusia.
Adapun tahapan pembuatan robot yaitu
1. Tahap perencanaan
Yaitu tahap awal untuk merencanakan pembuatan robot.
2. Tahap pembutan
Setelah tahap perencanaan lalu masuk tahap pembuatan mekanik yaitu rangka dan rancangan pembuatan robot
3.tahap uji coba

FERRY AFRIYANSYAH mengatakan...

Assalamuallaikum,pak materi yg bapak berikan sangat membantu pelajaran ini.

Suryo mengatakan...

Pembuatan software dilakukan setelah alat siap untuk diuji. Software ini ditanamkan (didownload) pada mikrokontroler sehingga robot dapat berfungsi sesuai dengan yang diharapkan. Tahap pembuatan program ini meliputi:

Irman saputra mengatakan...

Assalamuaiakum pak,saya Irman Saputra menurut saya sistem robotika adalah tenaga kerja yang menggunakan sistem kontrol untuk mempermudah pekerjaan manusia

Sutrisno Nugroho mengatakan...

Assalamu'alaikum pak,Terima kasih pak telah memberikan materi Tahapan Pembuatan Robot. Materi ini sangat bermanfaat bagi saya dan teman teman

M Charlie Asrullah mengatakan...

Assalamu'alaikum,di materi Robotik ini adapun pembahasan tentang tahapan tahapn pembuatan Robot,ada 3 tahap pembuatan Robot yaitu;Tahap perancang, tahap pembuattan dan tahap uji coba, dengan adanya materi ini saya dan teman-teman dapat mengerti tentang cara membuat Robot,..
Termia Kasih pak atas materiny..

Anonim mengatakan...

M romadhon Xi tei
Robotika adalah disiplin ilmu khususnya mekanik elektronika dan komputer

Anonim mengatakan...

Solihin
Menurut saya robotik sangatlh membantu manusia karna meringankan pekerjaan manusia.

Unknown mengatakan...

Emir Maulana Alhafiz

assalamualaikum wr.wb.terimakasih atas artikel yang telah diberikan,sehingga saya dapat mengetahui beberapa hal yaitu; tahapan dalam pembuatan robot,hal yang ditentukan dalam pembuatan robot,sensor-sensor yang diperlukan dalam pembuatan robot,dan tahapan dalam pembuatan software. terimakasih.

Anonim mengatakan...

Assalamulaikum. Wr wb

Budi santoso xi tei
Setelah Saya Mempelajarinya Saya Menyimpulkan Bahwa Ada 3 Pembuatan Robot Yaitu;
1 Perencanaan
2 pembuatan
3 uji coba

Amalia mengatakan...

Assamualaikum pak, dari materi yang bapak berikan sangat bermanfaat bagi kami semua. Karena dengan materi ini kami bisa paham bagaimana caranya membuat robok, ternyata robot bisa membantu meringankan pekerjaan manusia,setiap robot memiliki kemampuan masing masing, dan tidak hanya ini saja masih banyak lagi manfaat menggunakan robot.

Anonim mengatakan...

Hendra
Robotika disiplin ilmu yg mengenai mekanik elektronik dan komputer

Anonim mengatakan...

Fajar

Dalam membuat robotika kita harus mengetahui fungsi fungsinya apakah mekanik elektronika atau komputer

Anonim mengatakan...

Fajar

Robotika dibagi menjadi 3 berdasarkan fungsi elektronik mekanik atau komputer

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum pak menurut saya robotik sangat la penting bagi manusia karena robotik bisa membatu pekerjan manusia dan dapat memudahkan pekerjan manusia

Unknown mengatakan...

Miko septian

Assalamualaikum pak menurut saya sistem robotik sanggat la berguna bagi manusia karena sistem robotik dapat mempermudah pekerjan manusia dan dapat meringan kan pekerjan

Unknown mengatakan...

Miko septian

Assalamualaikum pak menurut saya sistem robotik sanggat la berguna bagi manusia karena sistem robotik dapat mempermudah pekerjan manusia dan dapat meringan kan pekerjan

Ripaldo mengatakan...

Ripaldo

Asalamu'alaikum menurut saya
Robotika adalah satu cabang teknologi yang berhubungan dengan desain, konstruksi, operasi, disposisi struktural, pembuatan, dan aplikasi dari robot.

Bisma Alfajri mengatakan...

Bisma AlFajri

Assalamualaikum Menurut saya Sistem robotik ini sangat membantu manusia untuk mengerjakan pekerjan yang rumit dengan waktu yang cepat

Varta wisata mengatakan...

Dengan kemajuan teknologi sekarang ,robot telah banyak di gunakan untuk membantu pekerjaan manusia , dan paling banyak di gunakan pada dunia industri.

IRMAWATI mengatakan...

IRAMAWATI
Assalamualaiku pak,menurut saya robot sangat lh berguna pada zaman modern ini apa lagi dalam bidang perindusti-an karena kerja yang cepat dan hasilnya juga sangat memuaskan.