Rabu, 01 April 2020

8 Komponen Utama Dalam Robot

KOMPONEN UTAMA DALAM ROBOT
Ok dikelas ini kita akan membahas lebih dalam lagi mengenai robot. Saya akan bicara lebih teknis mengenai Komponen Utama Dalam Robot. Kamu akan saya ajak untuk membedah mulai dari bagian otak, hingga ke otot. Iya, robot mempunyai itu, dan robot bisa saja lebih kuat dan lebih pintar dari manusia. Bisa saja,,,
Kamu bisa saja pernah bertanya. Apa yang membuat robot bisa berpikir? Apa yang membuat robot bisa bergerak? Apa yang membuat robot bisa mendapatkan informasi dari lingkungan sekitar? Apa yang menjadi mata, telinga, kulit pada robot?
Semua pertanyaan diatas akan kita jawab sama-sama sekarang. Baik kita mulai saja…
1. Controller. Ini adalah bagian paling utama dalam robot, ini seperti otak pada manusia. Bagian ini berfungsi untuk menjalankan program,  menerima dan mengolah setiap informasi dari input sensor, dan juga yang mengirim dan mengendalikan output pada actuator, indikator, atau juga audio. Program juga di download pada controller. Pengembangan yang populer saat ini adalah microcontroller.
Microcontroller Arduino
2. Actuator. Bagian ini seperti otot pada manusia. Fungsinya adalah untuk menggerakan robot. Untuk robot yang beroda biasanya menggunakan DC Motor, sebagai pemutar roda, dan membuat robot berpindah tempat. Dan untuk robot yang berjalan menggunakan kaki, Motor Servo adalah pilihan yang tepat. Motor Sevo adalah DC Motor yang dapat diatur putarannya. Untuk jenis yang linear Hidraulic, dan pneumatic juga digunakan untuk penggerak robot.
3.Sensor. Jika manusia memiliki indera maka robot memiliki sensor. Ada banyak jenis-jenis sensor robot, manusia hanya memiliki 5 indera, robot bisa memiliki sensor dengan jumlah yang tidak terbatas. Karena robot mahluk elektronik, dan teknologi yang cepat berkembang.
4. Battery. Merupakan sumber energi bagi robot. Seperti otak kamu yang membutuhkan nutrisi, dan badan kamu yang membutuhkan kabohidrat atau vitamin. Listrik adalah darah bagi robot, dan robot bisa mendapatkan kebutuhan listrik untuk controller, sensor, actuator dan semua komponen elektronik, dari battery.
5. Kabel. Jika sebelumnya battery seperti darah, maka kabel ini seperti urat jalan mengalirnya darah pada setiap komponen pada robot, dan juga sebagai saraf yang menjadi jalan data untuk input dan output.
6. Frame. Sebagai tulang yang menyangga antara servo pada robot. Juga yang membentuk robot menjadi berbagai macam, dan penunjang penampilan robot. Untuk robot beroda seperti line follower frame cukup berbentuk kotak, atau lingkaran saja, sebagai penyangga DC Motor dan tempat meletakan controller.
7. Chassis. Rangka utama pada robot, biasanya menjadi badan bagi si robot. Biasanya sebuah chassis pada robot dipasang berbagai macam frame, dengan jumlah lebih banyak.
8. Support. Adalah komponen pendukung terbentuknya robot, seperti baud dan mur.

15 komentar:

Unknown mengatakan...

Gilang adi purnomo xi tei

Dalam membuat robot bagian bagian tersebut sangat lah penting karna jika salah satunya tidak ada maka robot tidak akan berjalan.sama hal nya sama tubuh kita jika salah satu rusak(sakit) maka tubuh tidak akan bekerja dengan maksimal

Anan Febriyansyah mengatakan...

Komponen pembuatan robot tersebut hanya 8 atau ada tamanahan lagi.kita juga harus memperhatikan bagian yang kecil dalam pemasangan komponen nya.pembuatan robot hatus dilakukan dengan sangat teliti.

Anonim mengatakan...

M romadhon Xi tei

Jika salah satu bagian diatas hilang maka robot tidak akan berjalan

Irfansm37@gmail.com mengatakan...

By:irfan syifaul mustaqim
Dalam membuat atau merangkai sebuah robot tentu kita memerlukan komponen-komponen ny di sini kita harus memikirkan nya dengan matang matang agar dalam proses pembuatan ny kita akan mendapatkan hasil yang sangatlh sempurna dan jika kita tidak secara teliti maka dapat ber akibat fatal baik dari robot yang kita buat atupun kita yang terkena resiko tersebut

M Charlie Asrullah mengatakan...

8 komponen utama dalam robot
Dalam pembuatan robot perlu di pahami komponen apa saja yang harus digunakan,jika tidak,robot tidak akan berfungi seperti yg kita harapkan...

Anonim mengatakan...

Solihin
Menurut saya bagian2 elektronik diatas bagian tubuh apabila dibagian tersebut ada yg rusak maka tidak bekerja dg baik

Anonim mengatakan...

Budi Santoso

Apabila Salah Satu Bagian Komponen Di Atas Tidak Ada Atau Rusak Maka Robot Tidak Berjalan Dengan sempurna

Anonim mengatakan...

Hendra

Apabila salah satu komponen rusak maka robot tidak bisa bekerja dengan baik

Anonim mengatakan...

Fajar

Bagian terpenting membuat robot adalah dibagian otaknya(mikrokontroler)

Unknown mengatakan...

Miko septian
Pembuatan robot kita harus teliti dan jugo bagian"atau kerangka juga lebih penting tetapi ada baik ny kita harus mengutamakan bagian otak ny karena semua sensor ada di bagian otak

Varta wisata mengatakan...

Dalam pembuatan alat elektronik tidak dari rangkaian komponen termasuk robot.

Varta wisata mengatakan...

Dalam pembuatan alat elektronik tidak dari rangkaian komponen termasuk robot.

FERRY AFRIYANSYAH mengatakan...

Dalam pembuatan alat elektronik tidak dari rangkaian komponen termasuk robot

FERRY AFRIYANSYAH mengatakan...

Dalam pembuatan alat elektronik tidak dari rangkaian komponen termasuk robot

Unknown mengatakan...

Emir Maulana Alhafiz

dari delapan pendukung dalam pembuatan robot diatas hal yang terpenting ialah controlernya karena Ini adalah bagian paling utama dalam robot, ini seperti otak pada manusia. Bagian ini berfungsi untuk menjalankan program, menerima dan mengolah setiap informasi dari input sensor, dan juga yang mengirim dan mengendalikan output pada actuator, indikator, atau juga audio.